Pengertian Assessment Center dan Tahapan Pelaksanaannya

13
Nov 2023
Category : Informasi
Author : Team Assessment Center
Views : 1859x

Pengertian – Berdasarkan penelitian Tjinsite (2012), hampir 68% organisasi saat ini menggunakan assessment center untuk proses rekrutmen.

Data lain dari Tjinsite (2012) menyatakan bahwa 45% pengusaha menggunakan assessment center karena hasil tesnya menawarkan wawasan komprehensif mengenai kesesuaian antara kandidat dengan budaya dan posisi yang dibutuhkan organisasi.

Assessment center sendiri merupakan serangkaian tes, wawancara, simulasi, dan latihan yang dirancang untuk mengukur seberapa baik kinerja talent pada posisi tertentu.

Tidak hanya digunakan untuk proses rekrutmen, assessment center juga dapat digunakan untuk career progression atau promosi serta untuk merancang program pengembangan karyawan.

Pengertian Assessment Center

Assessment Center adalah suatu proses sistematis untuk menilai Kompetensi yang dipersyaratkan bagi keberhasilan dalam pekerjaan, dengan menggunakan beragam metode dan teknik evaluasi, serta dilaksanakan oleh beberapa assessor (seseorang yang melakukan penilaian berbasis Kompetensi terhadap peserta), dan diterapkan kepada minimal 1 (satu) orang peserta (pegawai/karyawan yang akan diukur kompetensinya).

Assessment Center juga dapat diartikan sebagai evaluasi perilaku individu yang terintegrasi dengan menggunakan berbagai teknik.

Tujuan Assessment Center dirancang untuk mengukur potensi maupun kompetensi yang dibutuhkan individu untuk dapat berhasil dalam pekerjaan.

Pengukuran kemampuan, keterampilan dan pengetahuan dalam metode Assessment Center didukung beberapa instrument yang dapat menggali profil kompetensi yang dibutuhkan dalam perkembangan karir maupun langkah yang dapat diambil perusahaan dalam meningkatkan potensi sumber daya yang dimiliki.

Tahapan Assessment Center

Pelaksanaan Assessment Center biasanya dilakukan sesuai penetapan dari perusahaan, biasanya dilakukan selama 2-3 hari tetapi ada juga yang bisa diselesaikan dalam 1 hari pelaksanaan dari pagi hingga sore.

Secara umum, tahapan pelaksanaan Assessment Center bisa kita bagi menjadi 5 yaitu:

1. Initial Planning & Recommendation

Pada langkah pertama ini, dilakukan serangkaian persiapan matang yang akan berpengaruh terhadap langkah-langkah selanjutnya. Terlebih dahulu perlu untuk menetapkan kebutuhan kompetensi yang akan dinilai, menetapkan metode Asesmen yang akan digunakan, serta menentukan Project Start-Up.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan tersebut, pada langkah ini perlu diketahui juga hal-hal seperti informasi dasar terkait jabatan yang akan dinilai, metode dan alat ukur penilaian yang tepat untuk mengukur kompetensi target, menyusun jadwal pelaksanaan Assessment Center, dan juga menentukan format laporan yang akan digunakan.

2. Design Assessment Process

Langkah selanjutnya adalah merancang proses Assessment Center. Pada langkah ini, hal-hal yang perlu dilakukan antara lain menyiapkan atau mengembangkan alat ukur yang akan digunakan untuk mengukur kompetensi, merekrut asesor serta memberikan pelatihan kepada asesor.

Di samping menyiapkan alat ukur, perlu juga untuk menyiapkan sarana dan prasarana penunjang proses Assessment Center, seperti formulir kelengkapan administrasi, daftar hadir, dan formulir evaluasi kegiatan. Selain itu, dalam rangka persiapan bagi para asesor, perlu disampaikan pengarahan terkait tujuan Assessment Center diselenggarakan, matriks asesor dan asesi, serta jadwal pelaksanaan Asesmen.

3. Assessment Implementation

Pada langkah ini, asesor akan mengundang asesi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Ketika asesi telah hadir di tempat pelaksanaan Asesmen, asesor perlu menyampaikan informasi terkait tujuan, manfaat, tahapan pelaksanaan, dan juga tata laksana dari kegiatan Asesmen kepada asesi.

Hal tersebut penting untuk dilakukan agar asesi memperoleh gambaran terkait kegiatan dan dapat menyesuaikan diri dengan proses Asesmen yang akan diikuti. Setelah pengarahan kepada asesi selesai, barulah asesor dapat melakukan data intake atau pengambilan data asesi.

Asesi akan diberikan instruksi untuk mengerjakan serangkaian tes dan simulasi, serta mengikuti wawancara sesuai jadwal yang telah ditentukan. Selain memfasilitasi asesi dalam proses Asesmen, asesor juga berperan untuk mengamati, merekam, serta mencatat perilaku asesi selama mengikuti kegiatan Asesmen.

4. Data Analysis

Hasil dari berbagai tes, simulasi, serta wawancara yang diikuti asesi, asesor akan melakukan analisis, klasifikasi bukti perilaku, hingga penilaian berdasarkan pada kamus kompetensi yang menjadi acuan. Seluruh data hasil Asesmen tersebut akan diolah, baik secara manual maupun menggunakan bantuan teknologi.

Tahapan selanjutnya adalah para asesor akan melakukan integrasi data dalam sebuah kegiatan yang disebut sebagai Assessor Meeting. Pada tahap ini, para asesor akan berdiskusi untuk memperoleh kesepakatan terkait nilai akhir asesi, berdasarkan seluruh informasi, hasil tes, dan bukti perilaku asesi selama proses Asesmen berlangsung.

5. Feedback & Presentation

Setelah dilakukan analisis dan juga integrasi data oleh para asesor, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembuatan laporan. Laporan yang dibuat merupakan laporan individual yang dapat memuat informasi berupa kesimpulan hasil Asesmen yang telah diikuti asesi.

Beberapa informasi yang biasanya dicantumkan dalam laporan Asesmen antara lain identitas asesi, profil potensi dan kompetensi, kekuatan dan area pengembangan, saran pengembangan, uraian kompetensi, serta rekomendasi.

Assessment Center, selain bertujuan untuk menilai kompetensi individu, biasanya juga digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan kemampuan. Oleh karena itu, diperlukan sesi bersama asesi untuk mempresentasikan temuan dari rangkaian proses Asesmen yang telah diikuti.

Selain itu, asesor juga dapat menyampaikan feedback atau umpan balik yang bertujuan untuk menunjang perkembangan asesi.

Hubungi Solutiva Aja!

Demikian pengertian dan tahapan Assessment Center, jika Anda membutuhkan jasa Assessment Center (bisa Online dan Offline) yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan klien, dapat dipertanggungjawabkan, tidak dapat dipengaruhi (independen) serta hasilnya dapat diandalkan, silahkan hubungi:

 

Kutipan:
– Pengertian: Solutiva.co.id
– Pendahuluan: samahitawirotama.com
– Tahapan: Modul LPTUI